Kerusakan otot akan menyebabkan munculnya sel-sel radang dimana terjadi proses fagositosis (sel radang membersihkan sel rusak). Proses ini akan menghasilkan adanya sampah oksidatif dalam tubuh (reactive oxygen species – ROS). Adanya ROS ini akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut dari sel otot yang sudah rusak. Bagaimana hubungan antara ROS, kerusakan otot dan nyeri masih belum dapat dipahami sepenuhnya. Setidaknya dari pendapat ini dapat dipahami peran antioksidan dalam negurangi produksi ROS.

Antioksidan
Antioksidan sederhana yang dapat dibeli secara bebas adalah vitamin C dan vitamin E. Sampai saat ini sudah banyak penelitian yang mendukung penggunaan vitamin C dalam mencegah nyeri pasca olahraga. Vitamin C dosisnya bervariasi, namun dapat dijadikan patokan vitamin C 1000-3000mg. Sementara vitamin E walaupun tidak terbukti secara klinis dapat mengurangi nyeri pasca olahraga namun terdapat bukti bahwa vitamin ini memiliki efek protektif terhadap otot di tingkat seluler. Sama seperti vitamin C, vitamin E juga memiliki dosis yang bervariasi dari 400-1200 IU.

Selain vitamin C dan E, suplementasi omega 3 dengan dosis 3 gram per hari juga terdapat bukti dapat mengurangi kejadian nyeri pasca olahraga.

Protein
Suplementasi protein (asam amino; whey dan casein) pada cedera otot tentu saja penting dan tidak saya bahas lebih lanjut pada tulisan ini.

β-Hydroxy-β-Methylbutyrate (β-HMB)
HMB merupakan asam amino leusin yang sedang populer. Asam amino ini bekerja dalam proses pembentukan sel. Sehingga diharapkan risiko kerusakan sel-sel otot dapat diminimalisasi terutama saat melakukan jenis latihan baru atau yang sangat intensif. Dosis yang diteliti adalah 1.5-3 gram per hari.

Creatine
Walau sudah banyak dikonsumsi oleh para atlet namun penggunaan creatine dalam pencegahan atau pemulihan otot pasca cedera masih belum jelas. Sebuah studi yang meneliti konsumsi 5 gram creatine per hari untuk para atlet bola di Amerika tidak menemukan hasil yang bermakna.

Bacaan lebih lanjut:
1. http://link.springer.com/article/10.1023/A:1022413202549
2. http://link.springer.com/article/10.2165/00007256-200838060-00004
3. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3737804/

kata kunci: cedera otot, suplemen, nutrisi, antioksidan, vitamin C, vitamin E, HMB, suplementasi protein, creatine.