Tags

, ,

Beberapa kondisi penyakit pada anak yang menjadi kompetensi dokter rehabilitasi:
cerebral palsy
– distrofi muskuler progresif
– spina bifida
– keterlambatan perkembangan (developmental delay)
– hipotoni

Kondisi-kondisi tersebut di atas merupakan kondisi yang mengganggu potensi peran seorang anak untuk berpartisipasi di masa kanak-kanak mereka atau pada saat dewasa nanti. Dokter harus memahami kriteria diagnostik, prinsip penanganan dan komplikasi yang akan timbul. Penentuan kriteria ini wajib diketahui dengan pasti, karena diagnosis penyakit yang disebutkan tadi merupakan vonis yang berisiko menjadi beban psikologis bagi keluarga.

Prinsip dasar penanganan rehabilitasi anak HARUS selalu mempertimbangkan sebagai berikut:
1. Anak bukanlah miniatur orang dewasa.
Sebaliknya, bagaimana bagaimana kita, tenaga medis dapat menyiapkan anak supaya dapat menjadi seorang dewasa yang mandiri dan bahkan berkompetisi dengan dunia manusia normal. Prinsip ini berarti bukanlah mengajarkan kembali kemampuan atau keahlian yang sudah dimiliki; melainkan mengajarkan sedari awal kemampuan MOTORIK “yang sesuai-memungkinkan dipelajari” oleh anak seusianya.
2. Anak merupakan produk LINGKUNGANnya.
Artinya, bagaimana kita mengedukasi orang tua supaya semaksimal mungkin menciptakan lingkungan yang dapat membantu perkembangan anak tersebut.
3. Tumbuh kembang normal harus dipantau.
Mengejar ketertinggalan menjadi target tenaga medis, sampai di titik dipertimbangkannya terapi substitusi.
Dukungan emosional juga memegang peranan sangat penting.
4. Pertumbuhan tulang dan lingkup gerak sendi .
Pada anggota gerak yang lemah, stimulasi pertumbuhan tulang tentu saja tidak sebaik anggota gerak yang normal . Akibatnya: pertumbuhan tulang menjadi tidak sama; dengan kata lain risiko terjadi length discrepancy. Karena itu pemantauan berkala serta keputusan kapan dilakukan intervensi harus dikuasai oleh dokter. Di sisi lain, pada otot dengan gangguan tonus yang meningkat, berisiko terjadi pemendekan otot; intervensi dini sangat penting dilakukan.

Mempersiapkan pasien supaya dapat hidup mandiri di kemudian hari, menciptakan lingkungan yang kondusif, mengajarkan kemampuan untuk melakukan aktivitas yang disesuaikan dengan usia, dukungan emosional serta menjaga kondisi tulang dan sendi. Demikian prinsip utama penanganan rehabilitasi pada anak.

Semoga berguna.

Disarikan dari Medical Rehabilitation Grabois & Halstead